Sabtu, 14 Februari 2015

LIDAH pahit saat DEMAM

Kawan  biologi ,, pasti kalian pernah dong ngerasain sakit yang namanya “DEMAM”. Dimana tubuh menjadi lemah dan mager buat ngapa-ngapain heheheheh. Dan selain itu bawaannya males buat makan, yaaa karna semua makanan pahit semua di mulut.


Kenapa itu bisa terjadi? Yuk simak dibawah ini...
....Saat demam, tubuh terasa nyeri, badan panas, pandangan berputar dan semua makanan terasa tidak enak. Walau di hadapan Anda ada banyak makanan enak, yang bisa Anda habiskan dalam waktu cepat ketika sehat, lain ceritanya saat Anda demam. Selera makan akan berkurang drastis di saat sakit, ditambah lagi, lidah terasa pahit, sehingga makanan apapun yang Anda nikmati terasa pahit dan tidak enak sama sekali. Kenapa bisa begitu ya?

Anda bukan satu-satunya orang yang mengalami lidah pahit saat sedang sakit atau demam. Hampir semua orang pernah mengalami masa tidak enak ini, baik di saat sakit atau di masa penyembuhan. Apa penyebabnya? Dilansir oleh biology-online.org, salah satu penyebab lidah terasa pahit adalah suhu badan yang tinggi saat demam terjadi. Saat tubuh panas, salah satu bagian otak yang berfungsi sebagai penerjemah rasa kehilangan kepekaan untuk sementara waktu.

Bagian itulah yang bertanggung jawab untuk membedakan rasa yang dikirimkan oleh lidah. Ketika bagian ini tidak bekerja normal, maka semua makanan akan diterjemahkan sebagai rasa pahit. Maka jangan heran saat menikmati makanan seenak apapun atau semanis apapun, akan terasa sensasi pahit di lidah Anda. Biasanya hal ini masih terjadi ketika suhu badan sudah turun dan di masa penyembuhan, namun fungsi reseptor ini akan kembali normal beberapa waktu kemudian.



Jika Anda mengalami hal ini ketika sakit, tetaplah mengonsumsi makanan sehat, karena tubuh Anda memerlukan banyak nutrisi di masa penyembuhan. Walaupun makanan-makanan itu terasa tidak enak, Anda harus memaksa diri untuk makan dalam jumlah wajar. Untuk mengurangi efek pahit, konsumsi air putih secukupnya, karena air dapat membantu menurunkan suhu tubuh yang panas.
Dr. Rob menjelaskan lidah yang merasa pahit dikarenakan oleh lebih dari satu faktor, yaitu: 
1.     Tidak terjaganya kebersihan mulut
2.    Obat-obatan layaknya antibiotic, anti tiroid, obat saraf, sedaian seng, dan lain-lain.
3.    Obat kemoterapi serta radiasi.
4.    kondisi medis seseorang, layaknya parkinson, gerd, diabetes, bell’s palsy.
5.    bagian-bagian layaknya hidung, mulut serta kepala alami cedera.
6.    kanker pada leher ataupun kepala.
7.    ada infeksi jamur di tempat mulut serta lidah.

Udah tau kan kenapa kalo demam jadi males makan ,, yaaa hal diatas semua penyebabnya dan jangan lupa yaaaa banyak konsumsi air putih ditambah jaga terus kesehatan kamu yaaaa kawan biologi..

Salam lestari~
Salam konservasi~

Sumber :  (www.vemale.com)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More