Selasa, 24 Februari 2015

BURUKnya gula PUTIH




http://data.tribunnews.com/foto/bank/images/gula-pasir.jpg 
Kawan biologi kalian pasti udah gaak asing sama zat yang satu ini SUKROSA atau GULA PASIR. Yaa suatu zat yang dapat memberi manis segala makanan dan miinuman. Bahkan karena rasanya yang manis dan lezat membuat kalian menjadi sangat ketagihan mengkonsumsinya.
Selain rasanya yang manis dan lezat ternyata gula pasir punya catatan buruk loh kawan buat tubuh kita. Ehehehehe

Yuk kita liat fakta buruk gula pasir.
·         Gula putih atau gula pasir hanya mengandung karbohidrat tanpa adanya vitamin dan mineral dan satu sendok teh gula putih memiliki 50 kkal. 
·         Mengganggu penyerapan vitamin C. Vitamin C diperlukan dalam tubuh untuk meningkatkan kekebalan tubuh, membangun kulit yang sehat dan mencegah kanker. Gula mengganggu fungsi vitamin C dengan mengorbankan transportasi di seluruh tubuh.



·         Gula putih merupakan makanan jamur, parasit dan bakteri yang tidak diinginkan. Hal ini menyebabkan pencernaan yang buruk, penurunan kekebalan fungsi, kembung, sembelit, dan toksik.
·         Mengakibatkan kegemukan. Telah ada penelitian selama bertahun-tahun bahwa lemak tidak selalu menjadi penyebab utama kegemukan. Gula juga berperan banyak dalam kegemukan. Kelebihan gula akan disimpan sebagai lemak dalam tubuh.
·         Meningkatkan gula darah dengan cepat. Gula putih meningkatkan gula darah sangat tinggi dan cepat sehingga mempengaruhi tingkat energi dan hormon.
Yapzz barusan itu fakta buruk gula pasir. Tapi kawan biologi jangan takut yaaa kalo pengen makan yang manismanis . admin punya alternatifnya nih pengganti gula pasir.
Gula Palem

Gula palem terbuat dari getah bunga pohon palem. Air menguap dari getah untuk membuat gula palem, yang terlihat sangat mirip dengan gula merah. Gula kelapa memiliki indeks glikemik yang lebih rendah, yang berarti tidak akan meningkatkan gula darah seperti gula putih. Gula palem juga mengandung zat gizi seperti seng, besi, vitamin B dan inulin, serta serat ang merupakan makanan probiotik.

Madu

Hasil gambar untuk madu
Madu tampak seperti emas cair, memiliki antimikroba alami, sifat antibakteri dan antioksidan. Pengolahan madu menghilangkan banyak fitonutrien yang masih ada dalam madu mentah. Madu mentah mengandung enzim, mineral dan vitamin, sehingga lebih bergizi daripada gula putih. Namun, madu sangat manis dan akan meningkatkan gula darah secara signifikan jadi sehingga harus digunakan dalam jumlah minimal.
Sirup Maple

Hasil gambar untuk sirup maple

Sirup maple Sirup maple kaya mangan dan seng, yang merupakan antioksidan yang mencegah kerusakan sel. Sirup maple tinggi indeks glikemiknya sehingga dapat meningkatkan gula darah dengan cepat. namun, sirup maple sedikit lebih baik dibanding gula putih. Nah yang satu ini masih jarang nih kawan di INDONESIA.
Molasses

Hasil gambar untuk molasses  

Molasses sebenarnya adalah produk sampingan penyulingan cairan gula. Molasses mengandung zat besi, tembaga, kalsium, kalium, magnesium, mangan, selenium dan vitamin B6 - sehingga cukup kaya akan mineral. Kalo yang satu ini harganya lumayan kawan.
Sekian
Hanya itu aja yang biisa ubio kasih buat kawan biologi. Lain kali kita bahas lebih dalam lagi yaaa tentang gula pasir.
Mohon maaaf yaaa jika banyak salah



0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More